Kategori
Tak Berkategori

Indonesia Battery Corporation (IBC), produksi 140 GWh di 2030

 734 total views,  2 views today

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengumumkan pembentukan Indonesia Battery Corporation (IBC), sebagai holding untuk mengelola ekosistem industri baterai, khususnya bagi kendaraan bermotor listrik atau Electric Vehicle (EV).

Erick menyampaikan, pembentukan IBC merupakan strategi pemerintah untuk memaksimalkan potensi sumber daya mineral agar bisa dimanfaatkan di dalam negeri untuk mengelola industri baterai yang terintegrasi dari hulu hingga hilir. 

Sebab, Indonesia memiliki cadangan dan produksi mineral yang besar sebagai bahan baku baterai. Salah satunya nikel yang mencapai 24% dari total produksi di dunia.

“Kita ingin menjadi global player, dengan alih teknologi dan penguasaan pasar ke depan. Sehingga tidak hanya menjadi market saja,” kata Erick dalam konferensi pers yang digelar secara daring, Jum’at (26/3).

Pembentukan IBC ditandai dengan penandatanganan perjanjian pemegang saham (shareholders’ agreement) yang dilangsungkan pada 16 Maret 2021 oleh empat perusahaan BUMN sektor pertambangan dan energi.

lanjut,…

sumber :

https://industri.kontan.co.id/news/erick-thohir-bentuk-indonesia-battery-corporation-ibc-produksi-140-gwh-di-2030

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *