Kategori
Kendaraan Listrik

ITDC dan IBC Kerja Sama Implementasikan Ekosistem Kendaraan Listrik

Loading

Target Indonesia menurunkan emisi karbon sebesar 50% di sektor pariwisata pada 2030 disambut baik oleh dunia usaha. 

Menindaklanjuti nota kesepahaman Indonesia Battery Corporation (IBC) dan InJourney sebagai holding BUMN dalam sektor pariwisata pada tanggal 29 April 2024 lalu, kali ini IBC dan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) sebagai bagian dari InJourney Group, sepakat bekerja sama mengakselerasi implementasi ekosistem hijau di salah satu kawasan yang dikelola ITDC, yakni The Nusa Dua, Bali.

Kolaborasi ini ditandai dengan pilot project penggunaan kendaraan operasional berupa shuttle bus listrik dan motor listrik dengan battery swapping station. Hal ini dilakukan untuk mendukung kegiatan pariwisata di kawasan ITDC, The Nusa Dua Bali.

https://investor.id/business/366844/itdc-dan-ibc-kerja-sama-implementasikan-ekosistem-kendaraan-listrik

Kategori
Kendaraan Listrik

RI Jadi Pasar Penting di Kawasan Asean untuk Motor Listrik

Loading

Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AIS) penjualan kendaraan roda dua di Indonesia mencapai 6 juta lebih sepanjang tahun 2023 lalu, naik 19,44% dibandingkan tahun 2022. Melihat tren pengguna kendaraan roda dua ini bisa sangat membantu mengurangi CO2 dengan pengalihan penggunaan ke e-bike.

Sebagai negara dengan jumlah populasi terbesar dan perkembangan ekonomi yang baik, Indonesia memiliki peran penting di Kawasan Asean untuk pasar motor listrik, ditambah dengan komitmen pemerintah terkait net zero emission (NZE) pada 2060. Untuk itu, Sunra, sepeda motor listrik merek global optimistis dapat mengambil peluang di pasar Indonesia.

“Sunra berkomitmen memfasilitasi kebutuhan dan gaya hidup individu perkotaan yang memiliki mobilitas tinggi dengan cara yang efektif dan ramah lingkungan dan berharap dapat memberi kontribusi signifikan kepada cita-cita pemerintah,” kata Zhang Chongshun, Chairman Sunra Group dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (27/5/2024).

Dengan pembangunan pabrik di Indonesia, lanjut dia, Sunra akan meningkatkan kekuatan kompetitif komprehensif secara efektif, serta menjamin layanan purna jual di Indonesia dan menjaga ketersediaan suku cadang. 

https://investor.id/business/362624/ri-jadi-pasar-penting-di-kawasan-asean-untuk-motor-listrik

Kategori
Korporasi

IBC Kembangkan New Energy Ecosystem

Loading

Indonesia Battery Corporation (IBC) mengembangkan new energy ecosystem di lima sektor strategis yaitu sektor telekomunikasi, perkebunan dan pangan, pertahanan, pariwisata, dan transportasi.

Adapun pemerintah mengusung tercapainya net zero emission pada 2060, sehingga langkah ini merupakan bagian dari upaya untuk mendukung kebijakan pemerintah tersebut melalui berbagai inisiatif pembangunan, di antaranya new energy ecosystem yang saat ini mulai dikembangkan oleh IBC. Sebelumnya, Kementerian BUMN telah menggalakkan adopsi kendaraan listrik untuk kegiatan operasional.

Berkaitan itu, IBC sebagai perusahaan investment holding dalam pengembangan new energy materials melalui pengembangan ekosistem baterai kendaraan listrik dan baterai energy storage system secara terintegrasi, melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) terkait implementasi new energy ecosystem di BUMN dengan 7 BUMN di 5 lima sektor strategis.

Adapun 7 BUMN tersebut a dalah PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), PT Pupuk Indonesia Utilitas, PT Len Industri (Persero), PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero), PT INKA (Persero), dan PT Prima Armada Raya. 

https://investor.id/business/360470/ibc-kembangkan-new-energy-ecosystem-di-lima-sektor-strategis

Kategori
Korporasi

Anggota MIND ID Agresif Kembangkan PLTS

Loading

Anggota Holding BUMN pertambangan MIND ID, PT Bukit Asam Tbk (PTBA), gencar melakukan diversifikasi bisnis dengan masuk ke bisnis energi baru terbarukan (EBT). Hal ini sejalan dengan visi PTBA menjadi perusahaan energi dan kimia kelas dunia yang peduli lingkungan.

Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf mengatakan bahwa holding melalui PTBA berkomitmen menghadirkan beberapa fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk mendukung kebutuhan pembangunan infrastruktur.

“Perseroan melalui anggotanya terus melakukan transformasi lewat diversifikasi bisnis untuk menjadi perusahaan energi dan kimia kelas dunia yang terintegrasi dan berkelanjutan. Salah satunya dengan masuk ke bisnis energi baru terbarukan,” kata Heri.

Wujud konkret dukungan Anggota Grup MIND ID PTBA dalam upaya pengurangan emisi karbon global ditandai dengan sinergi bersama PT Jasa Marga (Persero) Tbk dalam pengembangan PLTS berkapasitas 400 Kilowatt-peak (kWp) di jalan tol Jasa Marga Group.

Kategori
Tak Berkategori

Harga Nikel dan Pengaruhnya ke Emiten seperti INCO, NCKL, MBMA, ANTM

Loading

Beberapa produsen memutuskan untuk menutup sementara tambang mereka, sementara yang lain mengumumkan akan mengevaluasi ulang proyeknya. Berikut rinciannya:

Wyloo Metals: mengumumkan akan menutup sementara operasi tambang nikel di Kambalda, Australia pada akhir Mei 2024 imbas rendahnya harga nikel. Pengumuman ini hanya berselang 6 bulan setelah Wyloo Metals mengakuisisi tambang tersebut senilai 760 juta dolar AS.

BHP: mengumumkan sedang mengevaluasi ulang bisnis nikelnya. Menurut laporan Reuters, sebagaimana dikutip melalui ulasan Stockbit, BHP kemungkinan perlu menunda proyek nikel senilai 1,2 miliar dolar AS di West Musgrave, Australia. BHP mengatakan bahwa mereka sedang mencari opsi untuk memitigasi dampak penurunan tajam harga nikel dan akan memberikan rincian lebih lanjut dalam laporan tengah tahun pada 20 Februari 2024.

https://investor.id/market/351804/soal-harga-nikel-dan-pengaruhnya-ke-emiten-seperti-inco-nckl-mbma-antm

Kategori
Tak Berkategori

Electrifying Agriculture, Inovasi Transisi Energi yang Berdampak Positif ke Perekonomian

Loading

Program Electrifying Agriculture (EA) dinilai sebagai inovasi nyata untuk mewujudkan transisi energi yang berkeadilan di Tanah Air. Program yang konsisten dijalankan oleh PT PLN (Persero) ini tidak hanya berdampak positif bagi lingkungan, melainkan juga pada perekonomian.

“Kita apresiasi inovasi ini karena telah memberikan multiplier effect yang sangat nyata sekaligus berkeadilan. Operasional petani yang tadinya hanya bergantung pada Bahan Bakar Minyak (BBM) atau solar, kini punya opsi lain yaitu listrik,” tegas Ekonom Konstitusi, Defiyan Cori.

Ia berpendapat bahwa secara bertahap energi listrik akan dihasilkan oleh pembangkit yang bersumber dari Energi Baru dan Terbarukan (EBT) sehingga akan lebih ramah lingkungan ketimbang BBM yang bersumber dari energi fosil.

“Dari sini kita menyadari, bahkan petani pun bisa berkontribusi langsung dalam mewujudkan transisi energi melalui program ini. Dengan hanya beralih dari menggunakan BBM menjadi menggunakan listrik,” terangnya.

Defiyan melanjutkan, penggunaan listrik pada sektor pertanian akan berdampak positif terhadap perekonomian. “Secara mikro, operasional petani akan jadi lebih hemat karena biaya listrik jelas lebih murah dari BBM. Secara makro, produktivitas pertanian bakal meningkat karena ketersediaan listrik lebih mudah diakses dan pasokannya sangat memadai,” kata dia.

https://investor.id/business/352449/electrifying-agriculture-inovasi-transisi-energi-yang-berdampak-positif-ke-perekonomian

Kategori
Kendaraan Listrik

Mobil Listrik Banjir Insentif

Loading

Harga mobil listrik baterai (battery electric vehicle/BEV) yang tadinya rata-rata di atas Rp 500 juta kini turun tajam menjadi Rp 300-400 jutaan, lebih murah dari mobil hybrid. Ini tak lepas dari masifnya insentif pajak untuk BEV demi mendongkrak penjualan.

https://investor.id/infografis/350986/mobil-listrik-banjir-insentif

Kategori
Korporasi

Cara PLN Sambut Ekonomi Karbon

Loading

PT PLN (Persero) siap berkontribusi dan memantapkan langkah-langkah strategis terkait rencana implementasi regulasi Nilai Ekonomi Karbon (NEK) pada 1 April 2022. Terlebih PLN telah berkomitmen untuk mencapai net zero emissions (NZE) pada 2060 yang sejalan dengan agenda nasional.

Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia PLN Yusuf Didi Setiarto menyebutkan salah satu inisiatif dekarbonisasi oleh PLN adalah pemanfaatan instrumen NEK yakni perdagangan karbon (carbon pricing).

“Penyelenggaraan implementasi NEK merupakan salah satu pilar strategis untuk memenuhi target penurunan emisi nasional dan aspirasi NZE 2060,” katanya seperti dilansir dalam siaran pers yang diterima redaksi, Jumat (21/1/2022).

Diakuinya, masih ada beberapa tantangan dalam implementasi regulasi NEK yang saat ini dihadapi oleh PLN. Beberapa di antaranya terkait kapasitas sumber daya manusia yang masih perlu dikembangkan seputar sistem pengukuran, pelaporan dan verifikasi (Measurement, Reporting, Verification/MRV) yang belum beroperasi secara penuh; serta perencanaan implementasi nilai ekonomi karbon yang masih belum optimal.

https://investor.id/business/279357/ini-cara-pln-sambut-ekonomi-karbon

Kategori
Kendaraan Listrik

Mobil Listrik China – Dominasi Pameran Mobil Jerman IAA

Loading

Gagasan bahwa IAA adalah pameran yang hanya berfokus pada otomotif sudah tidak akurat lagi. Pada puncak pandemi COVID-19 dua tahun lalu, penyelenggara pameran mobil Jerman – Asosiasi Industri Otomotif Jerman (VDA – merombak total konsep pameran mobil ini menjadi “platform mobilitas global “, dengan lokasi baru, yaitu di kota München.

Pameran Mobil Internasional Jerman IAA dimulai di kota Berlin pada tahun 1897, dan bertahan di sana selama 50 tahun, sebelum kemudian dipindahkan ke pusat keuangan Jerman di Frankfurt am Main. Sekarang, IAA digelar di München untuk tahun kedua berturut-turut, dengan fokus pada “mobilitas perkotaan” dan “ekosistem mobilitas”. Itu berarti, cakupannya sudah jauh lebih luas daripada hanya sekedar pameran mobil.

IAA kini menjadi ajang promosi besar-besaran bagi banyak produsen asing, terutama produsen mobil Cina yang berambisi menembus pasar mobil Jerman dan Eropa, dengan menyodorkan produk unggulan mobil listrik, motor listrik maupun sepeda listrik.

Baca artikel detiknews, “Mobil Listrik China Dominasi Pameran Mobil Jerman IAA” selengkapnya https://news.detik.com/dw/d-6914849/mobil-listrik-china-dominasi-pameran-mobil-jerman-iaa.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Kategori
Kendaraan Listrik

Tim Anargya ITS – Incar Juara Umum Kompetisi Mobil Balap Listrik di Jepang

Loading

Tim mobil balap listrik Anargya EV mark 3.0 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali berlaga di Formula Society Automotive Engineer International (FSAE) untuk pertama kali setelah pandemi COVID-19. ITS optimistis tahun ini bisa membawa juara umum atau medali emas.

FSAEJ EV 2023 sendiri akan diselenggarakan tanggal 28 Agustus-2 September 2023 di Ecopa Park, Shizuoka Prefecture, Jepang. Tim Anargya nantinya akan akan bersaing dengan beberapa negara lain, seperti Jepang, Cina, Taiwan dan lainnya.

Direktur Kemahasiswaan ITS, Imam Abadi berharap Tim Anargya bisa pulang membawa juara umum. Sebab, pada tahun 2019 ITS sudah menjadi runner up dan membawa pulang medali perak. Maka, tahun ini Tim Anargya yakin bisa naik level.

Baca artikel detikjatim, “Tim Anargya ITS Incar Juara Umum Kompetisi Mobil Balap Listrik di Jepang” selengkapnya https://www.detik.com/jatim/berita/d-6883688/tim-anargya-its-incar-juara-umum-kompetisi-mobil-balap-listrik-di-jepang.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/