Kategori
Kendaraan Listrik

2024 Mobil Listrik ‘Made in Indonesia’ Pakai Baterai Lokal

 3,272 total views,  2 views today

Memiliki cadangan sumber daya mineral yang besar, membuat Indonesia cukup dilirik banyak investor untuk mengembangkan kendaraan listrik. Sekadar informasi, Indonesia memiliki cadangan nikel dan kobalt yang merupakan komponen penting dalam pembuatan baterai lithium.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita belum lama ini menyebut bahwa ada banyak pihak yang ingin berinvestasi dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

Agus juga mengungkap bahwa pemerintah serius menggarap ekosistem industri kendaraan listrik dari hulu ke hilir. Salah satu caranya adalah melalui peningkatan investasi untuk memperkuat struktur manufaktur di dalam negeri.

“Sudah banyak investor yang mengajukan proposal ingin berkontribusi dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Misalnya ada industri yang ingin memproduksi baterainya, termasuk dari sektor otomotif,” ungkap Agus dalam keterangan resminya.

Tahun 2022 akan menjadi momen penting untuk pengembangan baterai litium untuk kendaraan listrik. Sebab, beberapa investor di Indonesia akan memulai konstruksi pembangunan pabriknya dalam upaya mengolah nikel dan kobalt menjadi bahan baku baterai litium. Seperti diketahui, pabrik baterai mobil listrik milik PT Industri Baterai Indonesia atau Indonesia Battery Corporation (IBC) dan Konsorsium LG serta CATL untuk mobil listrik sudah mulai melakukan peletakan batu pertama akhir Juli 2021.

Baca artikel detikoto, “Tahun 2024 Mobil Listrik ‘Made in Indonesia’ Pakai Baterai Buatan Lokal” selengkapnya https://oto.detik.com/berita/d-6007333/tahun-2024-mobil-listrik-made-in-indonesia-pakai-baterai-buatan-lokal.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Satu tanggapan untuk “2024 Mobil Listrik ‘Made in Indonesia’ Pakai Baterai Lokal”

Saya Junaidi, sales manager dari PT. Chugai Bussan Indonesia.
Grup company yang ada di Japan dan China memproduksi beberapa komponen dari battery untuk mobil listrik.
Ini alamat email saya : junaidi@chugai-id.com untuk diskusi lebih lanjut.

Best Regards

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *